Sabtu, 22 November 2014

metagenesis lumut dan paku.



metagenesis lumut dan paku.

Detail metagenesis Lumut (Bryophyta)
·                     https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEimdXXOl1PUdVZsQ5FoWGrffj1B75MuO9yYQotTgC91VNo-el1_oWsPosXzcnU7fXYgfBc1xGLsyqDITYAdeIr-r9bBUyL5iNN-S7izCXIJHWNs-gd0qPZ7IIx2hnB8slDefFogzrem1Y4/s400/metagenesis+lumut.jpgDari Spora - berkecambah menjadi Protonema (bayi lumut) - Protonema tumbuh besar menjadi Tumbuhan lumut yang menghasilkan gametangium -  gametangium menghasilkan sel kelamin yang bersatu menjadi Zygote - tumbuh menggembung membentuk Sporogomnium - setelah matang dan tua menghasilkan spora lagi OK

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjCnMQWczrdqahWWmQTgjIualZ8opHN3ses-ShV3T5wrqXGBVxc2Ad2C6yzNFLHUVhZo2LkvrI5lILYA5ui-O26DAU6fBo_Am_HNw8p8O1IvyQJwNrm_bdL8StDg9tnKkOjiH5g4GM-s94/s400/metagenesis+tumbuhan+paku.jpg

Sedang detail metagenesis Paku (Pterydophyta) Spora - Prothallium - Tumbuhan Paku -Sporogomnium




Obelia < ubur uubur >
Obelia hidup berkoloni di laut dangkal sebagai polip di batu karang atau berenang di air sebagai medusa. Polip pada Obelia dibedakan menjadi 2 jenis polip pada cabang-cabang yang tegak, yaitu :
a.
Hydrant, yaitu polip yang bertugas mengambil dan mencernakan makanan. 
b.
Gonangium, yaitu polip yang bertugas melakukan perkembangbiakan aseksual, menghasilkan Obelia dalam bentuk medusa.
Bagaimana perkembangbiakan Obelia? Perkembangbiakan Obelia mengalami pergiliran keturunan (metagenesis) antara keturunan seksual dengan keturunan aseksual.
Perkembangbiakan secara aseksual dilakukan oleh gonangium. Pada gonangium terbentuk tunas, kemudian setelah matang tunas memisahkan diri dari induknya dan berkembang menjadi medusa muda yang dapat berenang bebas. Selanjutnya medusa muda berkembang menjadi medusa dewasa.
obelia.jpgPerkembangbikan seksual terjadi pada medusa dewasa. Hewan Obelia mempunyai dua alat kelamin (hermaprodit). Medusa dewasa akan menghasilkan sel telur / ovum dan sperma. Pembuahan ovum oleh sperma terjadi di luar tubuh (eskternal) dan membentuk zigot. Zigot akan berkembang menjadi larva bersilia disebut planula. Pada tempat yang sesuai planula akan merekatkan diri menjadi polip muda, lalu polip dewasa., kemudian tumbuh menjadi hewan Obelia. Selanjutnya, Obelia memulai melakukan pembiakan aseksual dengan pembentukan tunas/budding, sehingga membentuk koloni Obelia yang baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar